Belajar Not Balok 1


KETUKAN DAN RITME

Dalam musik, ketukan adalah denyut nadi yang mendasari bunyi musik yang kita dengar. Pada kebanyakan komposisi musik, sangatlah penting untuk menjaga ketukan tetap stabil.
Ritme dapat bergerak bersama-sama dengan ketukan, lebih cepat atau bahkan lebih lambat daripada ketukan.
                        Dibaca: “ta”
                        Dibaca: “ta-a”
Mainkan ketukan dan baca ritme dibawah ini:
  1. 4/4 …..
  2. 4/4 …
            kecepatan ketukan disebut Tempo. Cobalah latihan selanjutnya dengan tempo lambat terlebih dahulu baru kemudian dengan tempo yang lebih cepat.
  1. 4/4 ……
  2. 4/4 ……
RITME
      Dibaca: “ta-a-a”
      Dibaca: “ta-a-a-a”
Mainkan ketukan dan baca ritme dibawah ini:
  1. 4/4 …..
  2. 4/4 ……
  3. 4/4 …… 

    TANDA PENGULANGAN
    Pada partitur musik, para composer menggunakan symbol (:II) untuk menunjukan bagian yang harus diulang.
    Jadi, jangan lupa untuk mengulang! Mainkan ketukan dan baca ritme dibawah ini:

    1. 4/4
    2. 4/4
    3. 4/4
    PITCH
    TREBLE STAFF, BASS STAFF, GRAND STAFF
                Dalam musik, pitch adalah seberapa rendah atau seberapa tinggi suatu bunyi. Komposer-komposer menempatkan not-not pada staff (garis birama) untuk menunjukkan seberapa tinggi atau rendah bunyi yang ingin dihasilkan. Garis birama mirip dengan anak tangga. Not yang ditempatkan dekat dengan garis atas birama menghasilkan bunyi yang lebih tinggi daripada not yang ditempatkan pada garis bawah birama. Setiap garis dan setiap ruang diantara dua garis menghasilkan pitch yang berbeda. Pada partitur musik, garis birama atau tangga nada diberi label dengan cara yang berbeda-beda. Pada pelajaran ini, kita akan menggunakan 2 macam staff yang berbeda yaitu Treble staff dan bass staff.
    Treble staff digunakan untuk not-not dengan suara yang lebih tinggi. Suara tinggi biasanya menggunakan staff ini, Bass staff digunakan untuk not-not dengan suara yang lebih rendah. Suara rendah biasanya menggunakan staff ini. Pada saat treble staff dan bass staff digunakan secara bersamaan maka mereka akan menjadi apa yang disebut sebagai grand staff.

    Not yang berada tepat diantara kedua staff disebut dengan middle C yang menggabungkan treble dan bass staff. Singkatnya, garis kecil yang memotong bagian tengah dari middle C disebut garis ledger (garis Bantu).Walaupun suara tinggi biasanya menggunakan treble staff dan suara rendah menggunakan bass staff, hal ini tidak terbatas pada kedua staff ini saja. Setiap orang memiliki suara yang unik, tergantung pada usia dan perkembangan musikalitas mereka. Kebanyakan penyanyi dengan suara tinggi dapat menyanyikan satu atau lebih not-not yang ada pada bass staff dan kebanyakan penyanyi dengan suara rendah dapat menyanyikan satu atau lebih not-not yang ada pada treble staff.

    PITCH
    DO, RE dan MI
                Dalam musik paduan suara, DO merupakan pitch dasar yang seringkali menjadi pitch center dimana pitch lainnya saling berkaitan.
    Treble staff – DO, Bass staff – DO
    Yang merepresentasikan pitch adalah kepala nada. Stem not dapat berpindah baik keatas maupun kebawah tanpa mempengaruhi pitch atau ritme. Pada saat menulis musik untuk partitur paduan suara, composer menggunakan bracket (kurung) –(- pada bagian kiri birama untuk memberi tanda bahwa lebih dari satu bagian suara dinyanyikan secara bersama-sama pada waktu yang sama. Composer dapat memperbesar kurung untuk mencakup sebanyak apapun staff yang diperlukan.
                Kurung
                            Suara tinggi pada treble staff
                            Suara rendah pada bass staff
    RE dikenali karena hubungannya dengan DO. RE selalu berada pada satu tingkat yang lebih tinggi dari DO.
                DO  RE
                DO  RE
    MI dikenali karena hubungannya engan DO dan RE. MI selalu berada pada satu tingkat yang lebih tinggi dari RE.
                DO  RE  MI
                DO  RE  MI

    RITME CEPAT
    Beberapa not bergerak lebih cepat dari yang lain
    Baca: “ti-ti”
    cara lain untuk menulis ….. adalah …. . Komposer menghilangkan bendera dan meletakkan garis jarak diantara dua not, contohnya: baca: “ti-ti”
    Seringkali dalam partitur musik, ketika dua atau lebih ….. dalam satu garis, composer akan menghubungkannya dengan satu garis.

    ULANGAN DAN LATIHAN
    1. ….
    2. ….
    3. ….
    4. ….
    5. ….

    MASUKKAN FA dan SOL
                FA dikenali karena hubungannya dengan DO, RE dan MI. FA selalu berada di satu tingkat yang lebih tingi dari MI.
                DO  RE  MI  FA
    1.      …..
    2.      ….
    3.      ….
    4.      ….
    SOL dikenali karena hubunganya dengan DO, RE, MI dan FA. SOL selalu berada di satu tingkat yang lebih tinggi dari FA.
                DO  RE  MI  FA  SOL
    5.     
    6.     
    7.      ….
    8.     
    9.     

    ISTIRAHAT
    Istirahat adalah saat dimana musik diam.
                ….pikirkan ‘ta’ ( )
                ….pikirkan ‘ti-ti’ ( )
    1. …..
    2. …..
    3. ….
    4. ….
          ….pikirkan ‘ta-a’ ( )
          ….pikirkan ‘ta-a-a’ ( )
          ….pikirkan ‘ta-a-a-a’ ( )
    1. ….
    2. ….
    3. ….

    NYANYIKAN PERBAGIAN!
    1. ….
    2. ….
    3. ….
    4. ….
    5. ….
    6. ….
    7. … 
    (lanjut ke not balok 2)
      Category: 0 komentar

      0 komentar:

      Posting Komentar

      Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.