Belajar Not Balok 3

PERUBAHAN TEMPO
RITARDANDO, FERMATA DAN ACCELERANDO
Seperti yang sudah kamu ketahui, kecepatan pergerakan ketukan disebut tempo. Untuk menunjukkan bahwa musik harus menjadi lebih lambat sedikit demi sedikit, composer menggunakan kata ritardando yang seringkali disingkat penulisannya menjadi ritard atau rit. Apabila komposer menginginkan not untuk dibunyikan lebih lama dari biasanya, maka akan digunakan symbol  yang disebut fermata dan diletakkan diatas not. Komposer menggunakan Accel (singkatan dari Accelerando) untuk menunjukkan bahwa musik sedikit demi sedikit dipercepat.


SKIPS
DO – MI – SOL
Seperti yang sudah kamu ketahui, staff sama seperti tangga dimana not bergerak naik dan turun menggunakan garis dan ruang. Musik tidak selalu bergerak hanya dengan step tetapi juga dengan skip.

TANDA UKURAN:
KETUKAN PER BIRAMA
Pada permulaan part musik, disebelah kiri staff, composer akan menempatkan 2 angka, yang satu diatas yang lain seperti misalnya ¾ yang disebut tanda ukuran atau tanda waktu. Dalam musik, tidak seperti matematika, angka ini tidak berarti pecahan. Setiap angka tersebut memiliki arti yang berbeda. Arti dari angka yang dibawah akan dijelaskan pada pelajaran berikutnya. Angka yang diatas berguna untuk memberitahu penyanyi ada berapa ketuk dalam satu birama. Ada berapa ketuk per birama yang ditunjukan oleh angka dibawah ini?
A. ¾                B. 4/4              C. 6/4
D. 2/4              E. 6/8
Kadang-kadang composer merubah angka ketukan per birama ditengah-tengah bagian.

TIE
Tie adalah garis lengkung yang digunakan composer untuk menghubungkan atau mengikat not-not dengan pitch yang sama. Untuk menghitung not-not yang terikat bersama, ‘t’ pada not yang kedua tidak dibaca.

DINAMIKA 
Seperti yang sudah kamu ketahui, musik dapat berbunya tinggi atau rendah dan dapat bergerak cepat atau lambat. Musik juga dapat keras atau lembut. Batasan kekerasan dan kelembutan dalam musik disebut dinamika. Komposer menggunakan symbol untuk memberitahu orang yang menampilkan musik itu tentang seberapa keras atau lembut dia ingin musik itu ditampilkan. Dalam musik paduan suara, symbol-simbol yang paling sering digunakan adalah:
            ppp     =   sangat, sangat lembut (pianississimo)
            pp       =   sangat lembut (pianissimo)
                   =   lembut (piano)
            mp      =   lembut sedang (mezzo-piano)
      mf       =   keras sedang (mezzo-forte)
      f          =   keras (forte)
      ff         =   sangat keras (fortissimo)
      fff        =    sangat, sangat keras (fortississimo)
      cresc.   =   sedikit demi sedikit mengeras  (crescendo)
   decresc.  =   sedikit demi sedikit melembut (decrescendo)
     s f z       =   tiba-tiba menjadi keras (sforzando)
    sub. p     =   tiba-tiba menjadi sangat lembut (subito piano)
    
     

 
Category: 1 komentar

1 komentar:

Unknown mengatakan...

nice post :)

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.