Belajar Not Balok 4

STACCATO DAN LEGATO
 Komposer akan meletakkan titik dibagian atas atau bawah dari not untuk menandai bahwa not tersebut harus dinyanyikan atau dimainkan pendek. Titik itu disebut sebagai tanda staccato , jika menginginkan not-not dinnyanyikan atau dimainkan sangat mengalun dan menyambung, composer akan menulis kata legato.

SLUR
Cara lain untuk untuk mendapatkan efek musik mengalun dan menyambung adalah dengan menggunakan slur. Slur adalah garis lengkung yang menghubungkan not-not dengan pitch yang berbeda. (slur dengan tie tampak sama. Bedanya adalah tie menghubungkan not-not pada pitch yang sama dan slur menghubungkan not-not dari pitch yang berbeda.). dalam musik paduan suara, slur digunakan pada saat satu not dinyanyikan pada satu suku kada dalam syair.

INTERVAL (jarak)
Pada staff jarak antara satu not dengan not yang lain disebut interval. Interval diukur dengan cara menghitung garis dan ruang antara satu not ke not berikutnya. Untuk menemukan jumlah interval, mulailah pada not pertama lalu kemudian hitung garis dan ruang sampai mencapai not berikutnya. 
SELESAI!.


Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.